Hampir semua penghobi koi mengalami proses renovasi kolam, yang lebih ekstreem ya bongkar kolam, sampai bikin kolam baru. Namanya pelihara koi, selalu aja ga puas dengan yang ada.

Dirumah dulu sudah ada kolam kecil, lebar 1 meteran, tanpa filter. Tambahlah bikin filter trickle make kontainer biru. Ga puas, diputuskan bongkar sekalian, bikin chamber filter gedhe sekalian.

Karena posisi kolam ada di dalam rumah, proses bongkar ini bener-bener menyakitkan, rumah bener-bener kotor. Buang tanah harus lewat ruang tengah.

Setelah semua proses selesai dalam 4 bulan, ternyata masih dibutuhkan 4 bulan lagi. Buat nyari bocor, huaaaaa.. Proses nyari bocor ini jauh lebih menyakitkan dari proses pembuatan kolamnya. Anjuran saya, kalau bikin kolam, cari tukang kolam yang berpengalaman, karena  kalau bocor atau salah-salah akan banyak biaya dan waktu terbuang.

Karena tukang yang ngerjain kurang berpengalaman, banyak banget kebocoran. Ada yang sambungan pipa lupa ga dilem, padahal pipa ada dibawah tanah kedalaman 2 meter. Jadinya bongkar lagi tanah sedalam 2 meter. Ada yang bocor karena campuran semen kurang bagus, jadinya bongkar lapisan semen, tambal ulang. Ada yang bocor karena sambungan pipa ke dinding kolam/chamber kurang bagus. Bongkar lagiii…

Setelah bocor beres, ternyata ada problem lagi, chamber filter dirancang awalnya ditutup make beton tipis. Pinginnya supaya di atasnya bisa dikasiah tanah+rumput, jadi semacam pot gedhe gitu deh. Prakteknya, kalau mau lihat filter, ngangkat tutup filternya bikin tulang belakang kecetit.

Lanjut bongkar semua beton tutup filter, ganti dengan kayu jati. Setelahnya, ikan nyebur, dan aman. Sambil cicil-cicil nambahin media filter. Baru tau, ternyata biaya beli media filter lebih mahal lagi dari bikin kolamnya. Stop dulu, kembali nyangkul di sawah dulu, cari tambahan dana buat beli filter.

Cerita berlanjut sampai sekarang, masih beli dan upgrade media filter terus.

Trus, kapan beli ikannya? Ya ikannya masih sekropyok mungkin 🙁 *nangis

Receive Updates

No spam guarantee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *